pengertian ceramah
http://ceramahpanggilan.blogspot.com/2014/03/pengertian-ceramah.html
Penggunaan Metode Ceramah
Pengertian Metode Cramah
ceramah ialah suatu cara penyajian bahan pelajaran dengan melalui penuturan (penjelasan lisan) oleh guru/ustaz kepada jama,ah.ceramah bervariasi merupakan cara penyampaian, penyajian bahan pelajaran dengan disertai macam-macam penggunaan metode pengajaran lain, seperti tanya jawab dan diskusi terbatas, pemberian pesan moril dan sebagainya.
Tujuan Ceramah:
agar perhatian Jama,ah tetap terarah selama penyajian berlangsung
penyajian materi pelajaran sistimatis (tidak berbelit-belit)
untuk merangsang Jama,ah belajar interaktif
untuk memberikan feed back
untuk memberikan motivasi belajar
menyampaikan informasi atau materi pelajaran
membangkitkan hasrat, minat, dan motivasi Jama,ah untuk belajar
memperjelas materi pelajaran
ceramah dapat digunakan dalam hal:
jumlah Jama,ah cukup besar
sebagai pengantar atau menyimpulkan materi yang telah dipelajari
waktu yang tersedia terbatas, sedang materi yang disampaikan cukup banyak
jumlah Jama,ah cukup besar
sebagai pengantar atau menyimpulkan materi yang telah dipelajari
waktu yang tersedia terbatas, sedang materi yang disampaikan cukup banyak
Tujuan dan manfaat penggunaan ceramah dan ceramah bervariasi adalah untuk mengurangi kelemahan-kelemahan tersebut antara lain:Jama,ah pasif, kegiatan belajar mengajar berpusat pada guru, sehingga mengurangi daya kreativitas dan aktivitas siswa
mudah menimbulkan salah tafsir, salah faham tentang istilah tertentu tanpa mengetahui artinya (verbalisme)
melemahkan perhatian dan membosankan Jama,ah, apabila ceramah diberikan dalam waktu yang cukup lama
guru tidak segera memperoleh umpan balik tentang penguasaan materi yang disampaikan
mudah menimbulkan salah tafsir, salah faham tentang istilah tertentu tanpa mengetahui artinya (verbalisme)
melemahkan perhatian dan membosankan Jama,ah, apabila ceramah diberikan dalam waktu yang cukup lama
guru tidak segera memperoleh umpan balik tentang penguasaan materi yang disampaikan
Langkah-langkah ceramah bervariasi,disesuaikan dengan metode-metode yang dipakai sebagai variasi, contoh penggunaan metode tanya-jawab dan diskusi sebagai variasi:
Persiapan
merumuskan tujuan pembelajaran khusus (TPK)
menyusun urutan penyajian materi untuk mencapai tujuan pembelajaran khusus yang sudah ditetapkan
merumuskan materi ceramah secara garis besar
bila materi ceramah terlalu luas, dapat dibagi menjadi beberapa penggalan
disarankan materi ceramah diperbanyak untuk dimiliki tiap Jama,ah
merumuskan tujuan pembelajaran khusus (TPK)
menyusun urutan penyajian materi untuk mencapai tujuan pembelajaran khusus yang sudah ditetapkan
merumuskan materi ceramah secara garis besar
bila materi ceramah terlalu luas, dapat dibagi menjadi beberapa penggalan
disarankan materi ceramah diperbanyak untuk dimiliki tiap Jama,ah
Pelaksanaan
menjelaskan kepada Jama,ah tujuan pembelajaran khusus (TPK) yang ingin dicapai sesudah pelajaran berakhir
menjelaskan kepada Jama,ah pelaksanaan metode ceramah bervariasi, misalnya: ceramah yang disertai dengan tanya jawab, diskusi kelompok kecil dan ditutup dengan laporan kelas.
membagikan materi ceramah kepada Jama,ah
menyajikan materi ceramah
tanya jawab
guru mengkomunikasikan hal-hal yang harus didiskusikan dalam kelompok kecil, waktu yang disediakan untuk diskusi
pembentukan kelompok kecil terdiri dari lima atau tujuh orang
pelaksanaan diskusi kelompok dalam batas waktuyang sudah ditetapkan
membuat kesepakatan satu kelompok untuk melaporkan dimuka kelas, kelompok-kelompok yang lain sebagai pengulas
penyampaian laporan kelompok-kelompok yang telah ditetapkan
mengatur jalannya pengulasan oleh kelompok-kelompok yang lain
diskusi kelas berakhir
Baca juga Artikel lainnya: