Tim Marawis Panggilan 081287349566/WA

http://www.ustadz-panggilan.com/
Kami Komunitas Dakwah Juga siap menyediakan dan Menerima Jasa Tim Marawis Panggilan Info TLP/SMS 
081287349566, Pasti anda sudah tahu Musik Marawis
Yaitu salah satu jenis "alat musik tepuk" dengan Hajir sebagai alat musik utamanya. Musik ini merupakan kolaborasi antara kesenian Timur Tengah dan Betawi, dan memiliki unsur keagamaan yang kental. Itu tercermin dari berbagai lirik lagu yang dibawakan yang merupakan pujian dan kecintaan kepada Alloh SWT Dan Rosul.


Kesenian ini telah berusia kurang lebih 400 tahun yang semula berasal dari kawasan Kuwait,sebelumnya alat ini hanya terdiri dari 2 jenis alat permainan saja yaitu hajir dan marawis dengan ukuran yang tidak seperti saat ini kita lihat, melainkan seperti rebana dengan berukuran besar yang kedua sisinya dilapisi oleh kulit kambing atau sapi.

Kesenian ini hampir sama dengan dengan kesenian Islami karena setiap Syair yang dibawakan mengandung puji-pujian kepada Rasulullah SAW beserta keluarga, para Wali dan Permohonan doa kepada Allah SWT. kesenian ini sering kali dimainkan pada saat perayaan keagamaan tertentu, yaitu Perayaan perkawinan, Maulid nabi saw, Khitanan,Pengajian dan lain-lain.

Marawis Indonesia
Mengenai Sejarah masuknya kesenian Ini ke Indonesia, pertama kali kesenian ini dibawa oleh para Ulama Hadramout (yaman) yang berdakwah ke Indonesia dan dimainkan pertama kali di Kota Madura, hal ini terjadi akhir abad ke 19 M. selain di Kota madura kesenian ini juga dibawa ke daerah Bondowoso (Jawa Timur) dan kesenian ini menjadi popluer di kota Bondowoso karena respon masyarakat di Bondowoso yang ingin mempelajari dan menekuni kesenian ini. sehingga sampai saat ini Diakui oleh seluruh pemerhati kebudayaan Hajir marawis bahwa Kesenian Marawis Pupoler pertama kali di Bondowoso.

Secara Umum Alat Musik MArawis Terdiri dari:
1. Kepak Marawis
Merupakan gendang kecil berdiameter 20 Cm dengan tinggi 19 Cm. Alat ini terbuat dari kayu yang bagian tengahnya dilubangi dalat inilah yang menjadi ciri khas dari musik jenis ini, sehingga musik jenis ini pun disebut dengan Marawis.

2. Hajir marawis
Merupakan sebuah Gendang yang berukuran diameter 45 Cm dengan tinggi 60-70 cm, Alat ini terbuat dari kayu yang bagian tengahnya dilubangi sehingga berbentuk mirip sebuah tabung. Kedua bagian ujungnya ditutup dengan kulit binatang yang berfungsi sebagai selaput / memberan. Adapun kulit kambing yang biasa digunakan adalah kulit kambing atau domba.

3. Telumbuk
Dumbuk merupakan alat musik sejenis gendang yang berbentuk mirip dandang, Bagian tengah dan kedua ujungnya memliki diameter yang berbeda - beda, diameter terbesar pada ujung yang detutup dengan selaput/membrean dari mika, kemudian disusul bagian ujung yang terbuka, sedangkan pada bagian tengah memiliki diameter terkecil. adapun disebut dumbuk pinggang karena dalam penggunaannya alat ini diletakkan di pinggang.

4.Simbal dan Tamborin
Kadang kala musik marawis dilengkapi dengan tamborin atau krecek dan Symbal yang berdiameter kecil dimana kedua alat ini digabungkan menjadi satu kesatuan

Seiring dengan perkembangan musik marawis di Indonesia,maka semakin banyak peminat dan pecinta musik ini dan semakin banyak pula group-group marawis baru bermunculan dari berbagai kalangan masyarakat di seluruh nusantara Indonesia. Hal tersebut menyebabkan semakin meningkatnya kebutuhan/permintaan alat musik marawis ini.

Anda berminat untuk Tim Marawis Panggilan hubungi kami segera

Beranda item

Kontak Kami

Jamaah Yang Sudah Menggunakan Ustadz Kami

1.Bp.Bambang Rohis Di Lingkungan Rt Jl.Anggrek Radio Dalam-Acara Renungan Suci 17 Agustus 2.Bp.Ivan-Depok Acara Aqiqah Di Hotel Styahid Jl Sudirman Jakarta 3.Bp.Widi Adiana-Khotib Dan Imam Idul Adha 1435H Di Taman Radio Dalam Jakarta Selatan Dan lain-lain